SEKOLAH TAPAL BATAS KEMBALI MENAMATKAN 40 PESERTA KUM

Sebatik Tengah, 8 Januari 2017 - Sekolah Tapal Batas (STB), hari ini kembali menamatkan 40 peserta Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM). Keempat puluh peserta tersebut meliputi dua kelompok dari Desa Sei Limau (Kelompok Keterampilan Olahan Pisang dan Kelompok Keterampilan Pembuatan Donat) dan dua kelompok dari Desa Aji Kuning (Kelompok Olahan Pisang dan Kelompok Praktek Pembuatan Pupuk Kompos). Peserta KUM tersebut merupakan alumni dari peserta Keaksaraan Fungsional (KF) atau yang lebih akrab dikenal dengan program pemberantasan buta huruf yang berasal dari dua desa sasaran yang juga dikelola oleh Sekolah Tapal Batas.

Kepala STB, Hj. Suraidah, SKM, MNSc, berharap bahwa dengan keterampilan yang telah dimiliki oleh peserta tersebut, mereka akan mampu meningkatkan ekonomi keluarga. "Bagi kelompok yang nantinya bisa mengembangkan usahanya menjadi usaha mandiri, kami akan usulkan untuk mendapatkan bantuan peralatan dari CSR perusahaan," ujar Suraidah. Menurut Suraidah, PT. Sago Mandiri Pratama, perusahaan tambang emas terbesar di Nunukan telah menyatakan komitmennya untuk memberi bantuan kepada kelompok olahan pisang binaan STB. Bahkan PT. Sago saat ini telah rutin membantu pemasaran produk-produk olahan kelompok binaan sekolah yang sering diliput media nasional tersebut di koperasi perusahaan.

"Ibu Martang, salah satu kader kita sekarang sudah menerima banyak pesanan, bahkan hasilnya sudah bisa digunakan untuk membeli prabot rumah tangga dan membiayai pendidikan anaknya dari hasil olahan pisang yang dikembangkannya," ungkap wanita yang akrab di panggil Ibu Bidan tersebut. Selain memasarkan ke koperasi PT. Sago, kader tersebut juga memasarkan produknya ke Malinau dan Tawau Malaysia. Untuk produk yang dikirim ke Tawau, masih dalam bentuk mentah. Rekanan di sana yang kemudian mengolah atau menggorengnya lagi, mengepak dan memberinya merek sendiri.

Camat Sebatik Tengah, Harman, yang diundang dalam acara tersebut menyampaikan terima kasih kepada ibu Bidan Suraidah beserta para tutor dan relawan yang tergabung dalam kegiatan yang dikelola oleh Sekolah Tapal Batas. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Sekolah Tapal Batas merupakan perjuangan tanpa pamrih. "Kalau kami yang dibiayai programnya oleh Pemerintah membuat program pemberdayaan maupun pelayanan itu wajar, tapi ibu Bidan, para guru serta kadernya telah berbuat banyak untuk masyarakat dengan sumber daya yang minim, menurut saya ini yang luar biasa," ungkap Harman.

Harman menambahkan bahwa jika kelompok keaksaraan fungsional (KF) yang sedang berjalan di Desa Bukit Harapan nantinya selesai, maka pihaknya akan mengusulkan ke Pemerintah Kabupaten Nunukan agar Kecamatan Sebatik Tengah dapat ditetapkan sebagai Kecamatan Bebas Buta Huruf atau Melek Aksara. Kelompok yang berjalan di Desa Bukit Harapan tersebut juga dikoordinasikan oleh Yayasan ar-Rasyid di bawah kepemimpinan ibu Hj. Bidan Suraidah.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Sebatik Tengah juga diminta untuk melantik Komite Sekolah Madrasah Ibitidaiyah al-Furqon. Sebagian pengurus komite sekolah adalah TKI yang bekerja di Sebatik Malaysia. Mereka ini menitipkan anak-anaknya untuk didik di sekolah yang pernah memenagkan Eagle Awards Documentary Competition ini. Kepada mereka, Harman menitipkan agar membantu memikirkan dan mengembangkan STB menjadi lembaga pendidikan yang diperhitungkan.

0 Comments


Leave a reply

  • Sambutan Camat

    Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam Sejahtera untuk kita semua Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas perkenan-Nya sehingga Kecamatan Sebatik Tengah telah mampu memiliki website resminya sendiri. Terima Kasih setinggi-tingginya kepada Bupati Nunukan dan jajaran serta seluruh pihak yang telah membantu dan berkontribusi sehingga situs ini akhirnya || Selengkapnya

  • Sambutan Bupati

    SAMBUTAN BUPATI NUNUKAN DALAM RANGKA LAUNCHING WEBSITE KECAMATAN SEBATIK TENGAH KABUPATEN NUNUKAN SENIN, 26 JULI 2016 Assalamualaikum wr. wb. Salam sejahtera bagi kita semua Sebagai insan yang beriman, sudah selayaknya kita selalu bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat kesehatan, kecerdasan dan semangat untuk beraktivitas dan berkreatifitas sehingga kita dapat menghasilkan website || Selengkapnya

  • Alamat Kami

    JL. P. RAMLI RT 04 DUSUN MAIWA DESA MASPUL
    KECAMATAN SEBATIK TENGAH
    KABUPATEN NUNUKAN 77446
    telp. 0823 5264 4810