RAPAT LINTAS SEKTORAL KEMBALI DIGELAR, CAMAT MINTA DESA DUKUNG PROGRAM KESEHATAN

Sebatik Tengah, 07-11-2016, Rapat Lintas Sektoral Bidang Kesehatan hari ini kembali digelar di Ruang Rapat Abdi Praja, Kantor Kecamatan Sebatik Tengah. Rapat yang dipimpin langsung oleh Camat Sebatik Tengah tersebut dihadiri oleh Danramil Sebatik, Mayor (Inf) A. Sudirman, Kasubsektor Sebatik Tengah, Aipda Mujianto, Kepala PKM Aji Kuning, Dr. Astri, Tim Nusantara Sehat, Kepala Desa, Ketua-Ketua PKK Desa dan para stake holder lainnya yang ada di empat desa di wilayah tersebut. Dalam pertemuan kali ini, Pimpinan BPJS Kabupaten Nunukan, Idham Chalid juga hadir untuk mensosialisasikan kepesertaan BPJS.

Dalam paparannya, Kepala Puskesmas Aji Kuning, Dr. Astri, memanfaatkan pertemuan tersebut untuk mensosialisasikan berbagai program, jenis layanan, standar pelayanan dan program/kegiatan yang telah dan akan diselenggarakan di Puskesmas yang dipimpinnya. Astri juga meminta kepada masyarakat Kec. Sebatik Tengah agar dapat mendukung persiapan dan proses akreditasi yang sedang ditempuh oleh Puskesmas yang telah menerapkan layanan rawat inap tersebut. Puskesmas Aji Kuning adalah satu-satunya Puskesmas yang ada di pulau Sebatik yang dijadikan "pilot project" persiapan akreditasi puskesmas tahun ini.

Camat Sebatik Tengah, Harman, menyoroti adanya beberapa kinerja bidang kesehatan yang belum optimal seperti: menurunnya persentase kepemilikan jamban, masih munculnya kasus gizi kurang, masih adanya indikasi penyedia jajanan anak sekolah yang belum memperhatikan hyginitas dan pelayanan persampahan yang belum tertangani secara baik. Harman meminta para Kepala Desa maupun Ketua-Ketua TP. PKK agar ikut mensukseskan program bidang kesehatan. Secara khusus, Harman meminta agar desa dapat mengalokasikan anggaran untuk menurunkan angka gizi kurang. "Jangan sampai gejala gizi kurang ini berkembang menjadi gizi buruk. Oleh sebab itu, saya minta desa agar dapat menglokasikan anggaran untuk mengatasi masalah ini," ujar Harman

Dalam arahannya, Danramil Sebatik, Mayor (Inf) A. Sudirman meminta agar program dan kegiatan bidang kesehatan dapat didukung oleh semua pihak. "Perencanaan dan komitmen kita terhadap program-program kesehatan di wilayah ini harus diwujudkan dalam bentuk aksi nyata. Jadi saya harap akan ada aksi bersama yang akan kita lakukan dalam rangka menindaklanjuti hal-hal yang kita sepakati hari ini," ujar Danramil dengan satu melati di pundaknya tersebut.

Di tempat yang sama, Idham Chalid selaku penanggung jawab BPJS di Kab. Nunukan, memaparkan bahwa kepesertaan BPJS di Kab. Nunukan termasuk yang tertinggi di Kaltara, namun sayangnya kepesertaan BPJS di Sebatik Tengah masih rendah. "Dari 7000 lebih penduduk di kecamatan tersebut, hanya sekitar 3000an jiwa yang telah terdaftar sebagai peserta BPJS," ungkap Idham. Peserta yang hadir mengeluhkan masih sulitnya bagi mereka untuk mendaftar BPJS jika harus dilakukan di Nunukan. Idham berkomitmen akan melakukan trobosan-trobosan untuk meningkatkan angka kepesertaan BPJS di pulau Sebatik, dengan melibatkan puskesmas, desa bahkan kecamatan.

Harman menghimbau warganya agar segera bergabung dalam kepesertaan BPJS karena menurutnya akan ada konsekwensi yang akan dihadapi warga yang tidak menjadi anggota BPJS. Dengan bergabung di BPJS, maka mereka yang mampu telah turut membantu saudaranya yang kurang mampu. "Program ini adalah program cerdas yang telah diluncurkan pemerintah karena dibangun atas prinsip kegotongroyongan, dan oleh sebab itu harus kita dukung," imbuhnya.

Di akhir pertemuan, Harman memimpin pembacaan komitmen kesiapan akreditasi puskesmas yang diikuti oleh semua peserta. Selanjutnya, pertemuan ditutup dengan penandatangan komitmen dukungan akreditasai puskesmas dari perwakilan-perwakilan yang hadir. (HN)

0 Comments


Leave a reply

  • Sambutan Camat

    Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam Sejahtera untuk kita semua Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas perkenan-Nya sehingga Kecamatan Sebatik Tengah telah mampu memiliki website resminya sendiri. Terima Kasih setinggi-tingginya kepada Bupati Nunukan dan jajaran serta seluruh pihak yang telah membantu dan berkontribusi sehingga situs ini akhirnya || Selengkapnya

  • Sambutan Bupati

    SAMBUTAN BUPATI NUNUKAN DALAM RANGKA LAUNCHING WEBSITE KECAMATAN SEBATIK TENGAH KABUPATEN NUNUKAN SENIN, 26 JULI 2016 Assalamualaikum wr. wb. Salam sejahtera bagi kita semua Sebagai insan yang beriman, sudah selayaknya kita selalu bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat kesehatan, kecerdasan dan semangat untuk beraktivitas dan berkreatifitas sehingga kita dapat menghasilkan website || Selengkapnya

  • Alamat Kami

    JL. P. RAMLI RT 04 DUSUN MAIWA DESA MASPUL
    KECAMATAN SEBATIK TENGAH
    KABUPATEN NUNUKAN 77446
    telp. 0823 5264 4810