PLTS SEI LIMAU RESMI DIKELOLA PLN

Sebatik Tengah, 27/12/2016 - Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) berkapasitas 200 kwp yang berlokasi di Desa Sei Limau Kec. Sebatik Tengah, resmi dikelola oleh PLN Kantor Pembantu Sebatik. Hal tersebut ditandai dengan ditandatanganinya Berita Acara Pengoperasian PLTS Sei Limau oleh perwakilan PLN dan Camat Sebatik Tengah di lokasi PLTS Sei Limau hari ini, Selasa, Tanggal 17 Desember 2016. "Terhitung sejak hari Senin kemarin (26 Desember 2016), PLTS ini telah on grid dengan PLN," ujar Ricky Kurnia, Supervisor Teknik KP Sebatik.

Dengan terkoneksinya PLTS ini dengan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang dikelola PLN, menurut Ricky, otomatis akan mengurangi beban operasional, khususnya bahan bakar untuk PLTD yang dikelola PLN saat ini. Selain itu, penyatuan kedua pembangkit ini juga akan sedikit banyak membantu menutupi kekurangan listrik pada siang hari sehingga penggunaan PLTD dapat dikurangi yang diharapkan dapat memperpanjang umur mesin.

Ditambahkan Ricky, bahwa sebenarnya kebutuhan daya di pulau Sebatik pada beban puncak maksimal 2500 MW, sedangkan total kapasitas daya yang dihasilkan oleh kedua PLTD yang ada di pulau Sebatik (PLTD Sei Nyamuk dan PLTD Sei Limau) mencapai 3200 MW. "Sebenarnya untuk pulau Sebatik sendiri, daya listrik yang dihasilkan oleh kedua pembangkit (PLTD) yang ada telah surplus, namun karena PLTD ini telah terintegrasi dengan sistem Nunukan, maka kekurangan daya di Nunukan tidak jarang harus didukung oleh PLTD yang ada di Sebatik," ungkap Ricky lagi. Kebutuhan listrik untuk pulau Nunukan, saat ini sendiri tambah Ricky, mencapai 8000 - 9000 MW.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Sebatik Tengah, Harman, meminta kepada pihak PLN agar segera memprioritaskan penyambungan listrik ke beberapa pusat pemukiman di wilayah kerjanya yang belum teraliri listrik. "Saya sudah meminta agar PLN dapat memprioritaskan pemasangan jaringan listrik ke Desa Bukit Harapan dan Desa Sei Limau," tutur Harman.

Kedua Desa ini memang belum sepenuhnya dialiri listrik PLN. Untuk Sei Limau, Harman mengusulkan penyambungan jaringan ke Sei Limau bagian atas, termasuk Kg. Tebol dan RT. 14 Dusun Berjoko. "Alhamdulillah, Pak Ricky memastikan bahwa dalam waktu yang tidak lama lagi, Sei Limau atas akan segera teraliri listrik, tiangnya sudah ada dipinggir jalan," tambah Harman.

Harman sendiri mengakui bahwa kerja keras yang dilakukan pihaknya dalam memfasilitasi penyediaan lahan untuk pembangunan PLTD dan PLTS Sei Limau, adalah bagian dari strategi pihaknya agar wilayahnya dapat diprioritaskan mendapat penyambungan listrik. Menurut Harman, strategi tersebut perlahan menunjukkan hasil. Menururnya, sebagian besar wilayah kerjanya kini telah dialiri listrik. "Rencana awalnya, pembangunan PLTD ini kan bukan di sini, tapi karena kita yang siap lahan, maka kita jadi prioritas. Kalau tidak begitu, mungkin sebagian besar warga kami masih bergelimang dengan kegelapan hingga saat ini," pungkas Harman. (Hn)

0 Comments


Leave a reply

  • Sambutan Camat

    Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam Sejahtera untuk kita semua Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas perkenan-Nya sehingga Kecamatan Sebatik Tengah telah mampu memiliki website resminya sendiri. Terima Kasih setinggi-tingginya kepada Bupati Nunukan dan jajaran serta seluruh pihak yang telah membantu dan berkontribusi sehingga situs ini akhirnya || Selengkapnya

  • Sambutan Bupati

    SAMBUTAN BUPATI NUNUKAN DALAM RANGKA LAUNCHING WEBSITE KECAMATAN SEBATIK TENGAH KABUPATEN NUNUKAN SENIN, 26 JULI 2016 Assalamualaikum wr. wb. Salam sejahtera bagi kita semua Sebagai insan yang beriman, sudah selayaknya kita selalu bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat kesehatan, kecerdasan dan semangat untuk beraktivitas dan berkreatifitas sehingga kita dapat menghasilkan website || Selengkapnya

  • Alamat Kami

    JL. P. RAMLI RT 04 DUSUN MAIWA DESA MASPUL
    KECAMATAN SEBATIK TENGAH
    KABUPATEN NUNUKAN 77446
    telp. 0823 5264 4810