PERTAHANKAN BUDI DAYA PISANG, DESA BUKIT HARAPAN GELAR LOMBA OLAHAN SERBA PISANG

Sebatik Tengah, 9/12/2017. Selain dikenal dengan patok tiganya, Kecamatan Sebatik Tengah juga akhir-akhir ini dikenal dengan produk makanan olahan yang terbuat dari bahan baku pisang. Produk turunan dari bahan baku pisang ini sendiri diproduksi langsung oleh warga binaan UP2K Desa yang dikelola oleh PKK masing-masing desa.

Dalam rangka mengiventarisir dan sekaligus mendorong warganya agar lebih kreatif dalam mengolah pisang yang selama ini sebagian besar masih dijual mentah ke Tawau Sabah Malaysia, TP. PKK Desa bekerjasama dengan Pemerintah Desa hari ini, Senin, 9/1/2017, menyelenggarakan Lomba Menu Olahan Serba Pisang. Lomba yang dihadiri oleh Camat Sebatik Tengah tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Desa Bukit Harapan.

Pj. Kepala Desa Bukit Harapan, Hasrul, S.IP, dalam laporannya mengatakan bahwa lomba tersebut sengaja dilaksanakan dalam rangka memunculkan kreatifitas warganya dalam mengolah pisang menjadi produk makanan yang bernilai ekonomi dan sekaligus sehat. Menurut Hasrul lagi, lomba seperti ini akan diagendakan untuk digelar rutin setiap tahunnya dengan harapan masyarakat di luar Desa Bukit Harapan secara perlahan akan mengenal desanya sebagai penghasil aneka produk makanan olahan pisang yang berkualitas. Dengan memancing warganya untuk berfikir kreatif dalam mengolah pisang, Hasrul juga berharap agar perkebunan pisang yang ada di wilayahnya dapat terus dipertahankan di tengah-tengah jatuhnya harga buah pisang di pulau Sebatik.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Aji Kuning yang diwakili oleh Petugas Gizi, Awalina, berharap agar peserta tidak hanya memperhatikan cita rasa dan penyajian makanan, tapi juga kandungan gizinya. "Ini kan lomba makanan serba pisang, jadi yang ditonjolkan mestinya kandungan pisangnya," papar Awalina memberikan tips kepada peserta lomba. Salah satu Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Propinsi Kaltara 2016 itu juga berpesan agar para kader yang terlibat dalam kegiatan posyandu dapat membudayakan penyediaan makanan tambahan untuk balita di masing-masing posyandu dari makanan berbahan baku pisang yang banyak dan mudah ditemukan di desa tersebut.

Anggota dewan juri lainnya, Hj. Bidan Suraidah, SKM, MNSc, mendorong para peserta agar jangan bosan dan jenuh mengeksplorasi untuk menemukan variasi produk berbahan baku pisang, sebab pangsa pasar produk olahan ini sudah mulai terbuka. Dicontohkan oleh Pimpinan Sekolah Tapal Batas ini bahwa beberapa orang kader binaannya terbilang cukup sukses dalam mengembangkan bisnis makanan olahan serba pisang ini. "Sudah ada kader kami yang telah mampu membeli tv, kulkas dan membiayai pendidikan sekolah anaknya dari menggeluti usaha makanan olahan pisang," ungkap perempuan yang dikenal sebagai tokoh pemberdayaan perempuan di Kec. Sebatik Tengah ini.

Camat Sebatik Tengah, Harman, sendiri mengungkapkan kekagumannya akan kreatifitas peserta lomba. "Saya sampai bingung memberikan nilai, sebab selain penyajiannya bagus, rasanya juga enak-enak, jadi saya kasih nilai bagus semuanya," ungkap Harman yang disambut gelak tawa oleh peserta. Harman meminta kepada Sekretaris PKK Kecamatan agar menginventarisir para peserta yang memiliki kreasi yang bagus. "Yang bagus-bagus akan kita undang secara bergiliran untuk menyiapkan menu kreasinya pada kegiatan-kegiatan keramaian yang digelar ditingkat kecamatan," tambah Harman lagi

Lomba ini sendiri diikuti oleh sembilan kelompok yang terdiri dari lima tim yang berasal dari Kader PKK Desa dan empat kelompok lainnya merupakan peserta Keaksaraan Fungsional (KF) yang dibina oleh Pemerintah Desa bekerjasama dengan Sekolah Tapal Batas dan Dinas Pendidikan Kab. Nunukan. Keluar sebagai juara 1 adalah salah satu tim yang berasal dari organisasi PKK.(Hn)

0 Comments


Leave a reply

  • Sambutan Camat

    Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam Sejahtera untuk kita semua Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas perkenan-Nya sehingga Kecamatan Sebatik Tengah telah mampu memiliki website resminya sendiri. Terima Kasih setinggi-tingginya kepada Bupati Nunukan dan jajaran serta seluruh pihak yang telah membantu dan berkontribusi sehingga situs ini akhirnya || Selengkapnya

  • Sambutan Bupati

    SAMBUTAN BUPATI NUNUKAN DALAM RANGKA LAUNCHING WEBSITE KECAMATAN SEBATIK TENGAH KABUPATEN NUNUKAN SENIN, 26 JULI 2016 Assalamualaikum wr. wb. Salam sejahtera bagi kita semua Sebagai insan yang beriman, sudah selayaknya kita selalu bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat kesehatan, kecerdasan dan semangat untuk beraktivitas dan berkreatifitas sehingga kita dapat menghasilkan website || Selengkapnya

  • Alamat Kami

    JL. P. RAMLI RT 04 DUSUN MAIWA DESA MASPUL
    KECAMATAN SEBATIK TENGAH
    KABUPATEN NUNUKAN 77446
    telp. 0823 5264 4810