DUKUNG VISI AGRIBISNIS, KABAG EKONOMI GANDENG PT. SAGO BANTU KELOMPOK OLAHAN PISANG AL-BARAKAH

Sebatik Tengah, Sabtu 24/07/1976 - Kabag Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan, Yance Tambaru, SE, hari ini (24/09/2016), bersama jajaran PT. Sago Prima Pratama (PT. SPP) kembali berkunjung ke Kecamatan Sebatik Tengah. Kedatangan Yance bersama jajaran PT. SPP kali ini, dalam rangka melakukan assesment terhadap Kelompok Usaha Pisang al-Barakah. Kelompok yang dibentuk oleh Hj. Bidang Suraidah ini adalah salah satu UP2K binaan TP. PKK Kecamatan Sebatik Tengah yang konsen mengembangkan produk turunan produk makanan berbahan baku pisang. Sebagaimana diketahui, Sebatik Tengah merupakan salah satu penghasil pisang terbesar dan terbaik di pulau Sebatik. Puluhan ton pisang mentah setiap hari dikirim dan dipasarkan di Tawau Sabah Malaysia. Dari bandar tersebut, pisang didistribusikan ke berbagai daerah, bahkan konon diekspor hingga keluar negeri.

Dalam kunjungan ke rumah produksi kelompok al-Barakah yang terletak di Desa Sungai Limau tersebut, Yance beserta rombongan didampingi oleh Camat Sebatik Tengah dan Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa. Rombongan didemonstrasikan proses pengolahan pisang dan beberapa bagiannya sehingga menjadi beberapa produk turunan. Menurut Suraidah, kelompok yang dibinanya tersebut telah berhasil mengembangkan berbagai jenis produk turunan dari bahan baku pisang. “Produk turunan pisang yang telah berhasil kami kembangkan antara lain : tepung pisang, nasi pisang, kripik pisang, kripik jantung pisang dan kripik kulit pisang”, ungkap Suraidah yang juga merupakan pimpinan Sekolah Tapal Batas tersebut. Usaha yang dilakukan oleh Suraidah tersebut merupakan upaya untuk memberi nilai tambah ekonomi kepada anggotanya. "Tadinya mereka ini adalah peserta KF yang kemudian dilatih untuk mengolah buah pisang yang mereka budidayakan sehingga menjadi aneka ragam produk olahan," jelas Suraidah.

M. Zein, mewakili External Relations Manager PT. SPP, berkomitmen untuk memberikan dukungan terhadap usaha yang telah dirintis oleh Bidan Suraidah dan anggotanya tersebut. “Kami akan berupaya untuk datang lagi dan membawa sesuatu dalam bentuk bantuan untuk kelompok ibu”, kata Zein kepada Suraidah. Salah satu bentuk dukungan yang akan diberikan oleh anak perusahaan J. Resources tersebut, menurut Zein, berupa bantuan peralatan. “Saya lihat, alat yang mereka gunakan masih sangat sederhana. Mudah-mudahan dengan bantuan alat teknologi yang akan kami berikan nantinya, produktifitas mereka akan meningkat,” tambah Zein lagi. Zein juga menawarkan untuk membantu pemasaran produk al-Barakah melalui koperasi karyawan yang ada di lingkungan perusahaan yang beroperasi di Seruyung, Kecamatan Sebuku tersebut.

Sementara itu, Andreas Saputra, Eksternal Affair Superintendent PT. SPP, terlihat begitu tertarik untuk mendalami kreatifitas kelompok usaha yang seluruh anggotanya merupakan ibu rumah tangga tersebut. Sambil mendokumentasikan proses produksi dan produk-prooduk yang dihasilkan, pria yang gemar fotografi tersebut tidak hentinya melontarkan berbagai pertanyaan untuk mendapat gambaran detail terkait proses yang sedang berlangsung. “Saya yakin produk-produk mereka ini akan laku keras jika dapat dipasarkan di koperasi perusahaan,” kata Andreas

Kepada Camat Sebatik Tengah, Yance Tambaru selaku Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Nunukan mengatakan bahwa sudah selayaknya ibu Bidan Suraidah ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Daerah. “Beliau ini telah melakukan pemberdayaan ekonomi kepada masyarakat, jadi sebenarnya beliau ini layak mendapat penghargaan dari Pemerintah Daerah,” tutur Yance. Yance juga menilai bahwa apa yang dilakukan oleh Kelompok Pisang al-Barakah telah sejalan dengan visi agribisnis Kepala Daerah. “Ini sangat selaras dengan visi Bupati, makanya kami juga akan mengupayakan untuk dapat membantu pemasaran produk-produk seperti ini,” kata Yance lagi. Menurut penilaian Yance, baik citarasa, kualitas kemasan dan tampilan kemasan produk al-Barakah sudah baik sehingga layak untuk dipasarkan secara terbuka. Yance rencananya akan mengusulkan kepada Sekda dan Bupati agar salah satu ruang di Kantor Bupati dapat dimanfaatkan sebagai ruang display dan sekaligus pemasaran produk UKM masyarakat Nunukan.

“Mudah-mudahan dengan kedatangan Kabag Ekonomi dan jajaran PT. SPP ini, kelompok al-Barakah akan kembali menggeliat,” harap Camat Sebatik Tengah, Harman. Menurut Harman, kelompok ini tadinya ada sekitar 30-an orang, namun terus mengalami penurunan sehingga saat ini tinggal sekitar belasan orang. Harman menilai, turunnya animo anggota kelompok ini karena hasil dan produk mereka terbentur di pemasaran sehingga nilai tambah ekonomi yang mereka dapatkan tidak sesuai harapan. “Kendala utama kami dan kelompok ini memang di pemasaran. Berbagai usaha telah kami upayakan untuk membantu pemasaran produk UP2K di wilayah ini, tapi memang belum maksimal hasilnya,” ujar Harman. Harman berharap, Dinas dan instansi terkait, termasuk perusahaan swasta seperti PT. SPP benar-benar dapat membantu pemasaran produk-produk mereka sehingga dapat bangkit dan lebih bergairan lagi.

 

0 Comments


Leave a reply

  • Sambutan Camat

    Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam Sejahtera untuk kita semua Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas perkenan-Nya sehingga Kecamatan Sebatik Tengah telah mampu memiliki website resminya sendiri. Terima Kasih setinggi-tingginya kepada Bupati Nunukan dan jajaran serta seluruh pihak yang telah membantu dan berkontribusi sehingga situs ini akhirnya || Selengkapnya

  • Sambutan Bupati

    SAMBUTAN BUPATI NUNUKAN DALAM RANGKA LAUNCHING WEBSITE KECAMATAN SEBATIK TENGAH KABUPATEN NUNUKAN SENIN, 26 JULI 2016 Assalamualaikum wr. wb. Salam sejahtera bagi kita semua Sebagai insan yang beriman, sudah selayaknya kita selalu bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat kesehatan, kecerdasan dan semangat untuk beraktivitas dan berkreatifitas sehingga kita dapat menghasilkan website || Selengkapnya

  • Alamat Kami

    JL. P. RAMLI RT 04 DUSUN MAIWA DESA MASPUL
    KECAMATAN SEBATIK TENGAH
    KABUPATEN NUNUKAN 77446
    telp. 0823 5264 4810